Jika anda telah menghabiskan banyak waktu bekerja dengan iklan terutama dengan Google AdSense mungkin anda sudah terbiasa dengan dua istilah: Perbedaan Page RPM dan Impression RPM. Google AdSense adalah program iklan yang sangat populer yang bekerja di dua model yang berbasis per-click atau per-impression, dan anda sering menemukan istilah-istilah seperti CTR, CPC, CPM, RPM, dan sebagainya. Hari ini Awak Bambi akan membahas tentang dasar-dasar istilah Page RPM dan Impression RPM dan kemudian melihat bagaimana perbedaan antara Page RPM dan Impression RPM yang berbeda satu antara lainnya, karena sebagian blogger sering bingung membedakan antara keduanya, maka sekarang awak bambi akan menjelas perbedaan antara kedua metrik tersebut.
Dasar-Dasar Metrik Pada Iklan
Mari kita mengambil langkah mundur dan melihat apakah anda memahami istilah yang sangat dasar yang digunakan pada iklan Adsense.
- Clicks - Jumlah total berapa kali iklan diklik.
- Page View - Tampilan Halaman terdaftar setiap kali pengguna membuka halaman di situs Web anda. Tidak peduli berapa banyak iklan yang ada, itu akan dihitung sebagai satu tampilan halaman.
- Impression - Ini adalah istilah yang agak membingungkan. Impression didefinisikan sebagai pandangan user pada item tertentu di website anda. Ini bisa merujuk kepada pengguna yang melihat laman web tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu. Oleh karena itu, sebuah 'Impression' dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman, page impression atau tayangan iklan.
- Page Impression - Page Impression adalah sama sebagai tampilan halaman (page view) pada Google AdSense.
- Ad Impression - Sebuah tayangan iklan terdaftar bila iklan dilihat oleh pengunjung. Jika halaman berisi beberapa iklan, maka satu tampilan halaman dapat mengakibatkan beberapa tayangan iklan. Misalnya jika sebuah halaman dengan 2 iklan dilihat 3 kali, anda mendapatkan total tampilan halaman 3 dan 6 tayangan iklan.
- Query - Sebuah permintaan iklan, permintaan dibuat untuk sistem Google AdSense untuk menampilkan berbagai unit iklan setiap kali iklan yang ditampilkan.
Perbedaan Page RPM dan Impression RPM Google Adsense:
Kedua metrik tersebut sangat penting ketika anda menghitung pendapatan AdSense anda. Keduanya sangat mirip antara satu dengan lainnya, sehingga wajar saja akan membingungkan anda antara membedakan kedua istilah tersebut. Maka Awak Bambi akan menjelaskan apa itu RPM, Page RPM dan Impression RPM.
Kedua metrik tersebut sangat penting ketika anda menghitung pendapatan AdSense anda. Keduanya sangat mirip antara satu dengan lainnya, sehingga wajar saja akan membingungkan anda antara membedakan kedua istilah tersebut. Maka Awak Bambi akan menjelaskan apa itu RPM, Page RPM dan Impression RPM.
RPM (( Revenue Per thousand iMpressions )) cukup hanya dengan jumlah taksiran pendapatan anda akan mendapatkan untuk setiap seribu tayangan. Hal ini dihitung dengan membagi total taksiran penghasilan dengan jumlah per-tayangan, dan kemudian mengalikan hasilnya dengan 1000 (count = per seribu tayangan).
Ingat : Impression ini bisa merujuk ke tampilan halaman, permintaan iklan, query iklan, atau tayangan iklan individual. Impression adalah istilah yang luas meliputi semua metrik tersebut.
Anggaplah misalnya anda telah mendapatkan sekitar $ 10 dari tampilan 5000 Page View (Page Impressions). RPM Anda akan dibagi (10/5000) * 1000 = $ 2 untuk setiap 1000 tayangan laman.
Page RPM mengacu pada RPM anda berdasarkan jumlah tampilan halaman (Page Views) atau tayangan halaman (Page Impressions) pada blog atau website anda.
Impression RPM mengacu pada RPM anda berdasarkan jumlah tayangan iklan individual yang anda dapatkan.
Meskipun Halaman RPM adalah lebih umum digunakan pada semua metrik, beberapa pengiklan menawar AdWords untuk Tayangan RPM (Impression RPM) juga. Biasanya Impression RPM lebih rendah dari Page RPM karena faktanya mungkin website atau blog anda memiliki atau berisi banyak unit iklan. Artinya anda bisa menghitung jumlah total unit iklan atau hanya satu unit iklan tertentu saja.
Artikel ini adalah untuk memberitahukan anda para blogger akan hal atau Perbedaan Antara Page RPM dan Impression RPM Pada Google Adsense.
Hanya sekian artikel saya kali ini tentang Perbedaan Page RPM dan Impression RPM Pada Google Adsense. Silahkan ajukan pertanyaan melalui komentar dibawah, insya allah awak bambi akan menjawab semampu mungkin.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon